:: SELAMAT DATANG DI BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN (BBPK) MAKASSAR :: PENYELENGGARA DIKLAT BIDANG KESEHATAN BERKUALITAS SEBAGAI RUJUKAN DI INDONESIA TIMUR :: PELATIHAN ASUHAN IBU HAMIL (ANC TERPADU) DAN KELUARGA SEHAT YANG MENJADI PROGRAM UNGGULAN BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN DI TAHUN 2017 ::

Sarana dan Prasarana

Jumlah Kunjungan

00068618
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua Hari
346
979
4176
36507
23928
24670
68618

Your IP: 54.198.210.67
2017-11-23 05:31

Jabatan Fungsional Epidemiologi Ahli

DSC 1994 PENDAHULUAN

Upaya peningkatan profesionalisme sumber daya manusia kesehatan untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan profesional yang bermutu dan terjangkau bagi seluruh masyarakat, memerlukan adanya tenaga kesehatan yang ditugaskan secara penuh untuk melaksanakan kegiatan pengamatan, pengawasan, dan pemberdayaan masyarakat di bidang epidemiologi kesehatan secara profesional.

Di bidang epidemiologi kesehatan, upaya menjamin pembinaan karier kepangkatan, jabatan dan peningkatan profesionalisme dipandang perlu menetapkan jabatan fungsional epidemiologi kesehatan. Hal ini sudah terwujud dengan adanya Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 17/KEP/M.Pan/11/2000, tentang Jabatan Fugnsional Epidemiologi Kesehatan dan Angka Kreditnya, yang terdiri dari Epidemiologi Terampil dan Epidemiologi Ahli.

Epidemiologi ahli adalah Jabatan fungsional epidemiologi kesehatan keahlian yang pelaksanaan tugasnya meliputi kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan pengetahuan, penerapan konsep dan teori, ilmu dan seni untuk memecahkan masalah dan pemberian pengajaran dengan cara yang sistematis di bidang epidemiologi kesehatan.

Salah satu persyaratan dalam pengangkatan ke dalam jabatan fungsional epidemiologi adalah melalui pendidikan dan pelatihan bagi tenaga fungsional di bidang epidemiologi sesuai kompetensi masing-masing dengan tujuan untuk mempersiapkan tenaga tersebut melaksanakan tugasnya sebagai pemegang jabatan fungsional epidemiologi kesehatan.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka BBPK Makassar akan menyelenggarakan pelatihan jabatan fungsional epidemiologi kesehatan tingkat ahli.

TUJUAN PELATIHAN

Tujuan Umum

    Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta mampu melaksanakan tugas dan fungsional sebagai tenaga Fungsional Epidemiologi Ahli.

Tujuan Khusus

   Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu :

  1. Membuat pedoman/Juklat/Juknis di bidang epidemiologi
  2. Memberdayakan Masyarakat
  3. Mengembangkan Teknologi Tepat Guna bidan epidemiologi
  4. Menerjemahkan/menyadur buku dan bahan lainnya di bidang epidemiologi
  5. Melakukan pencegahan dan pemberantasan penyakit
  6. Melakukan penyelidikan epidemiologi
  7. Melakukan pengamatan epidemiologi
  8. Mempersiapkan pelaksanaan kegiatan epidemiologi
  9. Menyusun DUPAK/menghitung angka kredit
  10. Menjelaskan tentang dasar-dasar jabatan fungsional epidemiologi.
  11. Memahami dasar-dasar Epidemiologi

PESERTA PELATIHAN

Peserta pelatihan adalah calon pejabat fungsional Epidemiologi ahli yang berasal dari Dinas Kesehatan Propinsi/Kabupaten/Kota/Rumah Sakit baik dari dalam maupun luar Provinsi Sulawesi Selatan serta KKP kelas I Makassar.

  • Kriteria Peserta :
    1. Pegawai Negeri Sipil (PNS)
    2. Pendidikan minimal Sarjana/Diploma IV Kesehatan.
    3. Pangkat minimal Penata Muda, golongan III/a
    4. Dipersiapkan oleh atasannya untuk menduduki jabatan fungsional epidemiologi kesehatan
    5. Bersedia mengikuti seluruh proses pelatihan sampai selesai.

Search :

Ruang Chating

Sambutan Ka. BBPK

Log-in

Siapa Yang On-Line

We have 52 guests and no members online