You are here:Beranda

Balai Besar Pelatihan Kesehatan

slide show

Informasi Diklat

PELATIHAN MANAGEMENT OF TRAINING (MOT)

Makassar, 18 Februari 2013

Pengelola Diklat yang professional merupakan komponen penting dalam penyelenggaraan diklat. Terlaksananya diklat yang baik memerlukan pengelola yang terlatih dan profesional. BBPK Makassar menyelenggarakan Pelatihan Management of Training agar diklat aparatur ditangani secara handal dan profesional.  

Pelatihan Management of Training (MOT) Tahun 2013 diselenggarakan tanggal 4  hingga 17 Februari 2013 di BBPK Makassar. Pelatihan ini melatih pesertanya agar mampu meningkatkan kompetensi dalam pengelolaan diklat. Selama 14 hari atau setara dengan 141 JP @ 45 menit, peserta dibekali tiga materi dasar, materi inti dan empat materi penunjang. Materi dasar yaitu Kebijakan Diklat Aparatur, Konsep Dasar Andragogi dan Sistem Informasi Diklat. Materi Inti yaitu Diklat Sebagai Suatu Sistem, Analisis Kebutuhan Diklat, Rancang Bangun Program Diklat, Teknik Perencanaan Kegiatan Tahunan, Perencanaan Anggaran Diklat, Pemantauan dan Pengendalian Diklat, Pengelolaan Sumber Daya Diklat, Jejaring Kerja Diklat, Pemberdayaan Lembaga Diklat, Perancangan Bahan Diklat, Evaluasi Diklat. Sedangkan Materi Penunjang adalah Building Learning Commitment (BLC), Building Self Commitment (BSC), Observasi Lapangan (OL), Rencana Tindak Lanjut (RTL).

Peserta Pelatihan ini merupakan 30 orang pengelola diklat yang berasal dari UPT Pusat, Dinas Kesehatan Provinsi, Bapelkes Daerah dan Badan Diklat Provinsi Wilayah Mitra. Peserta yang berasal dari UPT Pusat yaitu BBPK Makassar, BKTM, sebanyak 20 orang. Peserta dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Gorontalo dan Maluku Utara sebanyak 4 orang. Peserta dari Bapelkes Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara dan Maluku sebanyak 4 orang, dan  Badan Diklat Provinsi wilayah mitra yaitu Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat sebanyak 2 orang.

Fasilitator pada Pelatihan ini berasal dari  Pejabat Struktural dan Widyaiswara dari BBPK Makassar dan PKP2A II LAN RI di Makassar. Metode pembelajaran yang digunakan selama pelatihan ini adalah Ceramah Tanya Jawab, Diskusi / Curah Pendapat, Belajar mandiri, Simulasi, Refleksi dan PKL. Adapun lokasi PKL (Praktek Kerja Lapangan) di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batang Kaluku. (SS)

 
< Sebelumnya   Berikutnya >

Online Support

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday27
mod_vvisit_counterYesterday140
mod_vvisit_counterThis week633
mod_vvisit_counterThis month3183
mod_vvisit_counterAll94223