:: SELAMAT DATANG DI BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN (BBPK) MAKASSAR :: PENYELENGGARA DIKLAT BIDANG KESEHATAN BERKUALITAS SEBAGAI RUJUKAN DI INDONESIA TIMUR :: PELATIHAN ASUHAN IBU HAMIL (ANC TERPADU) DAN KELUARGA SEHAT YANG MENJADI PROGRAM UNGGULAN BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN DI TAHUN 2017 ::

Sarana dan Prasarana

Jumlah Kunjungan

00118210
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua Hari
976
558
9242
77942
24060
49460
118210

Your IP: 54.226.172.30
2017-12-17 21:13

Pelatihan Asuhan Persalinan Normal sebagai Upaya Penurunan AKI

Makassar, 8 Oktober 2017

apn 1Berbagai upaya masih terus dilakukan untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia, salah satunya melalui Pelatihan Asuhan Persalinan Normal (APN) yang diperuntukkan para bidan. Merujuk pada program prioritas Kementerian Kesehatan yaitu Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, dalam pelatihan ini para peserta yang merupakan bidan diarahkan untuk melakukan pertolongan persalinan hanya di fasilitas kesehatan. Termasuk pula bagian dalam asuhan persalinan yaitu asuhan bayi baru lahir (BBL) antara lain IMD, menyusui dan imunisasi awal segera setelah bayi lahir serta tata laksana asfiksia pada BBL.

apn 2Proses pelatihan APN berlangsung selama 10 (sepuluh) hari efektif yang meliputi pembelajaran di dalam kelas dan praktik klinik diluar kelas (di puskesmas). Pembelajaran dalam kelas berlangsung selama 3 (tiga) hari pertama lalu dilanjutkan praktik lapangan/praktik klinik di 3 (tiga) puskesmas di Kota Makassar yaitu Puskesmas Kassi-Kassi, Puskesmas Bara-Barayya dan Puskesmas Mamajang selama 5 (lima) hari berikutnya. Setelah itu, pembelajaran kembali di dalam kelas untuk 2 (dua) hari terakhir.

apn 3Selama pembelajaran dalam kelas, peserta dibekali dengan teori/ilmu tentang asuhan persalinan yang meliputi kala satu, kala dua, kala tiga dan empat serta asuhan BBL. Kemudian dilanjutkan dengan latihan/praktik langkah-langkah APN yang terdiri dari 60 langkah dan latihan penjahitan robekan dengan menggunakan model/phantom. Dalam melakukan praktik 60 langkah APN pada model/phantom, peserta dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok kecil yang terdiri dari 5-6 orang dan setiap peserta dibimbing dan dievaluasi dalam praktiknya. Saat praktik klinik di puskesmas, setiap peserta diwajibkan untuk melakukan pertolongan persalinan terhadap 3 (tiga) klien dipantau oleh pembimbing lahan setempat dan didokumentasikan ke dalam partograf dan asuhan kebidanan (SOAP). Pada hari terakhir praktik klinik, tim fasilitator bersama pengendali pelatihan dan panitia melakukan kunjungan lapangan untuk memantau peserta sekaligus diskusi dengan peserta dan pembimbing lahan setempat. Setelah kembali dari praktik klinik, peserta melanjutkan dengan pembahasan/diskusi kasus yang didapatkan selama praktik klinik oleh fasilitator.

Pelatihan APN merupakan salah satu pelatihan teknis kesehatan yang berbasis kompetensi di mana proporsi praktik lebih banyak dibanding proporsi teori dalam kelas. Terkait sertifikasi pelatihan, peserta diberi sertifikat jika telah memenuhi target kompetensi yang dipersyaratkan. Dalam hal selama proses pelatihan berlangsung terdapat peserta yang belum bisa memenuhi target yang dipersyaratkan, maka diberi kesempatan untuk memenuhi target tersebut di tempat kerjanya masing-masing dalam jangka waktu tertentu. Jika telah terpenuhi, peserta diwajibkan kembali ke BBPK Makassar untuk melakukan responsi terkait kasus yang didapatkannya di hadapan fasilitator/tenaga ahli. 

Search :

Ruang Chating

Sambutan Ka. BBPK