:: SELAMAT DATANG DI BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN (BBPK) MAKASSAR :: PENYELENGGARA DIKLAT BIDANG KESEHATAN BERKUALITAS SEBAGAI RUJUKAN DI INDONESIA TIMUR :: PELATIHAN ASUHAN IBU HAMIL (ANC TERPADU) DAN KELUARGA SEHAT YANG MENJADI PROGRAM UNGGULAN BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN DI TAHUN 2017 ::

Sarana dan Prasarana

Jumlah Kunjungan

00068636
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua Hari
364
979
4194
36507
23946
24670
68636

Your IP: 54.198.210.67
2017-11-23 05:36

Review Pelaksanaan Program Keluarga Sehat di PKM Minasa Upa Kota Makassar

Oleh Muhammad Hasan*)  Nastang **)
Makassar, 01 November 2017

Abstrak

keluarga sehatTelah dilakukan Review Pelaksanaan Program Indonesia Sehat - Pendekatan Keluarga pada  Puskesmas Minasa Upa  Kota Makassar.  Metode  Review adalah Observasional melalui wawancara dengan  panduan kuesioner Evaluasi Pasca Pelatihan Program Indonesia Sehat – Pendekatakan Keluarga (PIS-PK).

Responden adalah lima orang alumni  pelatihan Keluarga Sehat di Puskesmas Minasa Upa. Ditambah dengan Kepala Puskesmas satu dan satu orang rekan kerja yang tidak mendapatkan pelatihan. Serta satu orang masyarakat yang menjadi penerima manfaat pelatihan.

Hasil review,  responden telah  melakukan Sosialisasi Hasil Pelatihan. Juga telah Merencanakan Kunjungan Keluarga, serta Pelaksanaan Kunjungan keluarg. Dalam kunjungan keluarga tersebut juga telah memanfaatkan fasilitas Perlengkapan Kunjungan Keluarga. Sedangkan pengolahan data baik online maupun manual belum dilaksanakan karena  belum mendapatkan  akun (username dan password). Sehingga hasil Kunjungan Keluarga tersebut belum dapat ditindaklanjuti di tingkat Puskesmas  ataupun pengelola program. Indeks Keluarga Sehat (IKS) Puskesmas  (RT,RW,Kelurahan) sementara yang berhasil didata juga belum ada . Sehingga Puskesmas Minasa Upa belum melaksanakan Pengembangan Progam Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)

Kata Kunci: Review, Puskesmas, Keluarga Sehat, Kunjungan Keluarga, Kota Makassar.                                                                                                                           

  1. Pendahuluan

Program Indonesia Sehat dilaksanakan untuk meningkatkan derajad kesehatan masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung  dengan perlindungan finansial  dan pemerataan pelayanan kesehatan.Program tersebut dilaksanakan oleh Pusekesmas melalui pendekatan keluarga. Mengintegrasikan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) secara berkesinambungan dengan target keluarga berdasarkan data  dan informasi dari profil kesehatan kelaurga.

Hal ini merupakan salah satu cara Puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayah kerjanya  dengan mendatangi keluarga. Kegiatan tersebut diharapkan menjadi salah satu upaya menyelesaikan permasalahan di wilayah kerja Puskesmas.

  1. Metode Rerview  adalah observasional.  Populasi adalah semua alumni Pelatihan Keluarga Sehat dari Puskesmas yang ada di Kota Makassar. Sampel adalah 5 orang alumni Pelatihan Keluarga Sehat dari Puskesmas Minasa Upa Kota Makassar dipilih dengan metode Purposive Sampling. Ditambah satu orang Kepala Puskesmas, satu orang rekan kerja yang bukan alumni Pelatihan Keluarga Sehat, serta satu orang masyarakat yang  menjadi penerima manfaat Pelatihan Keluarga Sehat.

  1. Hasil dan Pembahasan
    1. Sosialisasi Hasil Pelatihan

Peserta sosialisasi berasal dari Kepala Puskesmas, rekan unit satu program dan rekan unit program lain.Materi sosialisasi adalah pengetahuan tentang Indeks Keluarga Sehat (IKS) dan  keterampilan melakukan survei. Sedangkan pengisian aplikasi Keluarga Sehat belum dilakukan karena belum mendapatkan  akun (username dan passwor) dari Pusdatin. Menurut responden,  akun tersebut sudah diminta secara kolektif melalui Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar, namun sampai sekarang belum diterima jawabannya.

  1. Rencana Kunjungan Keluarga

Tim Kunjungan keluarga/rumah sudah dibentuk.  Tim Puskesmas  Minasa Upa  berjumlah 18 tim, dengan anggota tim sebanyak dua orang per tim. Dibentuk  18 tim, karena wilayah kerja Puskesmas Minasa Upa terdiri dari  dua kelurahan dengan 18 rukun warga (RW). Satu tim bertugas menjangkau satu wilayah RW.            

Demikian j uga dengan Tim Aplikasi Keluarga Sehat (KS) Juga sudah

dibentuk Tim Aplikasi Keluarga Sehat di Puskesmas Minasa Upa. Terdiri dari Admin, Supervisor dan Surveyor.   Admin dan supervisor  masing-masing satu orang, sedangkan surveyor  3  orang .Admin adalah Martini Husain Akil, SKM, Supervisor adalah  Hj. Muliati Ners, Nurwahyuni S.St. Surveyor adalah Jumaeda Amd. KL., Hj. Rahmawati Amd. Gz,

Target Pendataan KS adalah total coverage untuk semua keluarga di wilayah kerja Puskesmas Minasa Upa.  Kepala Puskesmas kemudian membagi rata target tersebut kepada petugas puskesmas. Di Puskesmas Minasa Upa  ditargetkan 4.800 KK. Sehingga tiap tim petugas  punya target 133 KK.

Sedangkan Jadwal Pendataan Keluarga Sehat adalah bulan April sampai dengan Nopember 2017. Untuk menginput data keluarag sehat diperlukan  User Name dan Password Entry Data. Kepala Puskesmas sudah meminta kepada Pusdatin via Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar sejak bulan April 2017 namun sampai sekarang belum diperoleh.

  1. Pelaksanaan Kunjungan Keluarga

Total KK yang sudah disurvey Sampai bulan Juli 2017 sudah dilakukan

kunjungan keluarga terhadap 455 KK. Namun belum dilakukan entry data

baik secara manual maupun via aplikasi.

Dalam pengumpulan data sudah dilakukan  observasi dan cek bukti fisik

pada  penyediaan air bersih, jamban keluarga dan juga dilakukan pengukuran

tensi darah.

  1. Perlengkapan Kunjungan Keluarga

Sewaktu mengadakan kunjungan, Perlengkapan kunjungan keluarga  telah dimanfaatkan terdiri dari, Pinkesga untuk Pedidikan Kesehatan,Profil Kesehatan Keluarga dan Name tag Surveyor, serta Stiker Pendataan Kelaurga. Juga pada kesempatan tersebut digunakan untuk sosialisasi BPJS dan Program unggulan kesehatan Walikota Makassar yaitu  “Home Dottoro”

  1. Pengolahan Data

Belum dilakukan pengolahan data, dengan alasan akun dari Pusdatin yang belum ada. Sehingga Identifikasi masalah Kesehatan Keluarga dan data Prosentasi  KK bermasalah di wilayah kerja Puskesmas Minasa Upa belum bisa diperoleh.

  1. Tindakl            anjut di Tingkat Puskesmas  atau Pengelola Program

Demikian juga dengan tindaklanjut di tingkat Puskesmas maupun pengelola  program  belum terealisir karena data belum siap. Baik itu  program Pelayanan Gizi di Keluarga,Pelayanan KIA di Keluarga,Pelayanan Tb di Keluarga maupun Pelayanan PTM di keluarga. Serta Sanitasi lingkungan di keluarga belum dapat ditindaklanjuti.

  1. IKS Puskesmas  (RT,RW,Desa/Kelurahan) sementara yang berhasil di data.

Akibat dari  belum adanya akun dari Pusdatin tersebut, maka Indeks Kesehatan Keluarga (IKS) Puskesmas yang bersifat sementara dari RT, RW serta Kelurahan di wilayah kerja Puskesmas Minasa Upa, belum diketahui.

  1. Pengembangan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga  (PIS-PK).

Hal tersebut berimbas pada Program Keluarga Sehat di Puskesmas Minasa Upa belum dapat dikembangkan sesuai dengan masalah lokal di lokasi tersebut.

  1. Kesimpulan

  1. Puskesmas Minasa Upa  Kota Makassar  telah  melakukan Sosialisasi Hasil Pelatihan. Juga telah Merencanakan Kunjungan Keluarga, serta Pelaksanaan Kunjungan keluarga. Juga telah memanfaatkan fasilitas Perlengkapan Kunjungan Keluarga.
  2. Puskesmas Minasa Upa belum mengeluarkan  Indeks Kesehatan Keluarga (IKS) Puskesmas.  
  3. Puskesmas Minasa Upa belum   melakukan pengolahan data baik online maupun manual. Sehingga hasil  Kunjungan Keluarga tersebut  belum dapat ditindaklanjuti di tingkat Puskesmas  ataupun pengelola program.
  4. Puskesmas Minasa Upa belum melaksanakan Pengembangan Progam Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)

Referensi

  1. Kemenkes RI, Modul Pelatihan Keluarga Sehat, Jakarta 2017
  2. Kemenkes RI, Petunjuk Teknis Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, 2016

 
 

Gambar aplikasi keluarga sehat yang belum banyak dipahami peserta pelatihan keluarga sehat

 

 

*) Widyaiswara Muda BBPK Makassar

**) Staf  Bagian Umum dan Kepegawaian BBPK   Makassar

Search :

Ruang Chating

Sambutan Ka. BBPK