:: SELAMAT DATANG DI BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN (BBPK) MAKASSAR :: PENYELENGGARA DIKLAT BIDANG KESEHATAN BERKUALITAS SEBAGAI RUJUKAN DI INDONESIA TIMUR :: PELATIHAN ASUHAN IBU HAMIL (ANC TERPADU) DAN KELUARGA SEHAT YANG MENJADI PROGRAM UNGGULAN BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN DI TAHUN 2017 ::

Sarana dan Prasarana

Jumlah Kunjungan

00068591
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua Hari
319
979
4149
36507
23901
24670
68591

Your IP: 54.198.210.67
2017-11-23 05:24

SURVEY KEPADATAN LALAT

SURVEY KEPADATAN LALAT SEBAGAI BENTUK   AKTUALISASI NILAI DASAR PROFESI ENTOMOLOG KESEHATAN DI KANTOR KESEHATAN PELABUHAN KELAS II AMBON

M.Zuldarisman (PesertaPelatihanPrajabatanGolongan III Angkatan II Kemenkes RI Tahun 2015 di BBPK Makassar/Staf KKP Ambon)

NehemiaSalamuhu (Kepala KKP Ambon)

Muhammad Hasan (Widyaiswara BBPK Makassar)

Pendahuluan

                        Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS), ditetapkan bahwa salah satu jenis Diklat yang strategis untuk mewujudkan PNS sebagai bagian dari ASN menjadi professional seperti tersebut di atas adalah Diklat Prajabatan. Diklat ini dilaksanakan dalam rangka membentuk nilai-nilai dasar profesi PNS. Kompetensi inilah yang kemudian berperan dalam membentuk karakter PNS yang kuat, yaitu

PNS yang mampu bersikap dan bertindak professional dalam melayani masyarakat. Untuk membentuk PNS profesional, dibutuhkan pembaharuan atas pola penyelenggaraan diklat yang ada saat ini dan yang didukung oleh semua pihak. Praktik penyelenggaraan Diklat Prajabatan dengan pola pembelajaran klasikal yang didominasi dengan metode ceramah, menunjukkan bahwa tidak mudah untuk membentuk nilai-nilai dasar profesi PNS, terutama proses internalisasi pada diri masing-masing peserta.

            Berdasakan pertimbangan akan hal tersebut maka dilakukan inovasi dalam penyelenggaraan Diklat Prajabatan yang memungkinkan peserta untuk mampu menginternalisasikan nilai-nilai dasar profesi PNS dengan cara mengalami sendiri dalam penerapan dan aktualisasi pada tempat tugas atau tempat magang, sehingga peserta merasakan manfaatnya secara langsung. Dengan demikian nilai-nilai dasar profesi PNS tersebut terpatri kuat dalam dirinya. Melalui pembaharuan Diklat Prajabatan ini diharapkan dapat menghasilkan PNS yang profesional, yang dewasa ini sangat dibutuhkan untuk mengelola segala prakondisi dan sumberdaya pembangunan yang ada, sehingga dapat mempercepat peningkatan daya saing bangsa.

Tujuan Survei Kepadatan Lalat

Tujuan secara umum untuk aktualisasi nilai dasar profesi ASN pada kegiatan jabatan Entomolog Kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Ambon. Sedangkan tujuan khusus adalah aktualisasi nilai ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, Anti Korupsi) dalam kegiatan jabatan Entomologi Kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Ambon.

Hasil Survei kepadatan lalat

Tahapan Kegiatan

1) Memasukkan rencana kegiatan kebagian tata usaha agar dapat diterbitkan surat perintah kerja (SPK);

2) Melapor kekantor Pelindo terkait pelaksanaan survey kepadatan lalat;

3) Menyiapkan alat dan bahan dalam melakukan pengamatan kepadatan lalat berdasarkan SOP yang ada;

4) Melaksanakan pengamatan kepadatan lalat berdasarkan SOP yang ada;

5)  Menghitung tingkat kepadatan lalat;

6) Melapor kekantor Pelindo mengenai terlaksananya kegiatan, dan penandatangan SPK oleh pihak Pelindo.

Hasil Kegiatan Terhadap Nilai-Nilai Dasar

1) Sebelum melaksanakan survey kepadatan lalat, saya memasukkan rencana kegiatan kebagian tata usaha, sebagai bentuk menjalankan prosedur keorganisasian untuk diterbitkan surat perintah kerja.

Nilai Dasar Terkandung :

Akuntabilitas (Menjalankan prosedur organisasi)

2) Sebelum melaksanakan kegiatan, saya melapor terlebih dahulu kekantor Pelindo mengenai kegiatan yang akan di laksanakan dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.

Nilai Dasar Terkandung :

EtikaPublik (Memelihara dan menjunjung tinggi standar etika luhur)

              3)  Setelah melapor kekantor Pelindo, saya menyiapkan alat sesuai dengan SOP yang ada, agar dapat melakukan pengamatan secara efektif dan efisien.

Nilai Dasar Terkandung :

Komitmen Mutu (Sesuai SOP, Efektif dan Efisien)

              4) Setelah menyiapkan alat, saya melaksanakan survei kepadatan lalat berdasarkan SOP yang ada.

Nilai Dasar Terkandung :

Akuntabilitas (Dapat mempertanggungjawabkan amanah yang diberikan)

            5) Setelah proses pengamatan, saya melapor ke kantor Pelindo mengenai

terlaksananya kegiatan dan penandatanganan SPK dengan mengunakan

bahasa yang baik dan sopan.

Nilai Dasar Terkandung :

Etika Publik (Memelihara dan menjunjung tinggi standar etika luhur)

          Kontribusi Terhadap Visi Misi KKP Ambon

                            Dengan melaksanakan kegiatan survei kepadatan lalat, maka dapat mewujudkan Misi organisasi yaitu “Meningkatkan Lingkungan Sehat di Pelabuhan” dan “Melaksanakan Standar Prosedur Pelayanan Kesehatan di Pelabuhan”, Sehingga dapattercapai Visi organisasi “Prima dan Tangguh Dalam Menangkal Penyakit. Alasannya yaitu, dengan melaksanakan kegiatan survei kepadatan lalat, maka kita dapat mengetahui tingkat kepadatan lalat di lapangan, dan dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk melaksanakan tindakan pengendalian lalat

Kesimpulan

  1. SurveiKepadatanLalatmerupakanbentukaktualisasinilai-nilaidasarPNS padaJabatanEntomologKesehatandi KKP Kelas II Ambon.
  2. KegiatanSurveiKepadatanLalatterdapat 3 (tiga) nilaidasar yang dapatdiaktualisasikanyaitu (1) Akuntabilitas-Dapat mempertanggungjawabkan amanah yang diberikan; (2) KomitmenMutu-MenggunakanPendekatanIlmiah, EfektifEfisien, danSesuai SOP; (3) EtikaPublik-Memelihara dan menjunjung tinggi standar etika luhur, danMenghargai komunikasi, konsultasi, dan kerja sama.
  3. SurveiKepadatanLalatberkontribusiterhadapMisi KKP Kelas II Ambon yaitu “Meningkatkan Lingkungan Sehat di Pelabuhan” dan “Melaksanakan Standar Prosedur Pelayanan Kesehatan di Pelabuhan”, Sehingga dapat tercapai Visi organisasi “Prima dan Tangguh Dalam Menangkal Penyakit”.

REFERENSI

  1. LembagaAdministrasi Negara 2014, Akuntabilitas: ModulDiklatPrajabatanGolongan III, Jakarta:LembagaAdministrasi Negara
  2. LembagaAdministrasi Negara 2014, Nasionalisme: ModulDiklatPrajabatanGolongan III, Jakarta:LembagaAdministrasi Negara
  3. LembagaAdministrasi Negara 2014, EtikaPublik: ModulDiklatPrajabatanGolongan III, Jakarta:LembagaAdministrasi Negara
  4. LembagaAdministrasi Negara 2014, KomitmenMutu: ModulDiklatPrajabatanGolongan III, Jakarta:LembagaAdministrasi Negara
  5. LembagaAdministrasi Negara 2014, Anti Korupsi: ModulDiklatPrajabatanGolongan III, Jakarta:LembagaAdministrasi Negara

 lalat


Search :

Ruang Chating

Sambutan Ka. BBPK