:: SELAMAT DATANG DI BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN (BBPK) MAKASSAR :: PENYELENGGARA DIKLAT BIDANG KESEHATAN BERKUALITAS SEBAGAI RUJUKAN DI INDONESIA TIMUR :: PELATIHAN ASUHAN IBU HAMIL (ANC TERPADU) DAN KELUARGA SEHAT YANG MENJADI PROGRAM UNGGULAN BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN DI TAHUN 2017 ::

Sarana dan Prasarana

Jumlah Kunjungan

00035685
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua Hari
159
1505
2637
4969
15665
0
35685

Your IP: 54.81.73.2
2017-10-24 02:08

PEMBUKAAN PELATIHAN MANAJEMEN PUSKESMAS AK.I-II-III & IV

Senin, 4 September 2017

mp1Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) empunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dan berfungsi menyelenggarakan UKM dan UKP tingkat pertama di wilayah kerjanya. Untuk mendukung kerja puskesmas diperlukan peningkatan kompetensi SDM melalui Pelatihan Manajemen Puskesmas.

Penyelenggaraan Pelatihan Manajemen Puskesmas baru pertama kali dilaksanakan yang dibuka pada hari Senin tanggal 4 September 2017 dan akan berakhir pada 13 September 2017 di BBPK Makassar.

Pelatihan Manajemen Puskesmas ini dilaksanakan secara parelel sebanyak 4(empat) Angkatan yaitu angkatan 1,2,3 dan 4. Acara ini dibuka oleh Kepala BBPK Makassar yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan Bapak Mappeasse Toro, SKM,M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa Manajemen Puskesmas merupakan rangkaian kegiatan berkesinambungan, dilaksanakan dalam rangka penyelenggaraan puskesmas yang berkualitas, selalu dipantau secara berkala, teratur dan dikendalikan sesuai dengan Permenkes Nomor 44 tahun 2016 tentang Pedoman Manjemen Puskesmas.

mp2Hadir dalam kesempatan yang berbahagia, para pejabat Struktural dilingkungan BBPK Makassar, Widyaiswara dan Fasilitator Pelatihan Manajemen Puskesmas. Kepala BBPK Makassar atau yang mewakili dalam sambutannya, Keberhasilan pelaksanaan tugas puskesmas sangat tergantung kepada pengelolaan puskesmas. Oleh sebab itu, maka Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 tahun 2014 tentang mensyaratkan agar tenaga kesehatan yang akan menjabat sebagai Kepala puskesmas harus sudah mengikuti pelatihan manajemen Puskesmas.Sebagai pelaksana kebijakan pembangunan kesehatan, Puskesmas harus dikelola dengan prinsip prinsip manajemen yang baik sejalan dengan perubahan dan perkembangan konsep dari tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

“Pengelolaan puskesmas yang baik, akan mampu meningkatkan mutu pelayanan dan pada akhirnya akan mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal di wilayah kerjanya” tandas beliau

MP3Target sasaran pelatihan Manajemen Puskesmas pada 34 Provinsi dengan lokus di 2926 puskesmas sesuai Permenkes nomor 85 tahun 2017, dimana agar puskesmas terlatih Keluarga Sehat maka kepala puskesmasnya beserta tata usaha dan pengelola program puskesmas, dengan tujuan dapat membangun tim keluarga Sehat di Puskesmas dalam hal ini ditunjuk untuk menjalankan Program Puskesmas dengan pendekatan keluarga yang berbasis data hasil survey Keluarga Sehat, serta dilengkapi dengan data profil puskesmas serta wilayah kerjanya.

Pelatihan ini merupakan Angkatan I, II, III dan IV yang terdiri dari 120 orang peserta yang berasal dari Puskesmas Kabupaten/Kota Prov. Sulsel. Dalam akhir sambutannya, Kepala BBPK Makassar berharap setelah mengikuti Pelatihan Manajemen Puskesmas ini, peserta pelatihan mampu menjalankan tugas di wilayah kerjanya.

Search :

Ruang Chating