:: SELAMAT DATANG DI BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN (BBPK) MAKASSAR :: PENYELENGGARA DIKLAT BIDANG KESEHATAN BERKUALITAS SEBAGAI RUJUKAN DI INDONESIA TIMUR :: PELATIHAN ASUHAN IBU HAMIL (ANC TERPADU) DAN KELUARGA SEHAT YANG MENJADI PROGRAM UNGGULAN BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN DI TAHUN 2017 ::

Sarana dan Prasarana

Jumlah Kunjungan

00296432
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua Hari
1933
3581
14334
249174
37211
46938
296432

Your IP: 54.81.116.187
2018-04-19 21:33

PELATIHAN TKHI 2017

PELATIHAN TIM KESEHATAN HAJI INDONESIA

 

KATA PENGANTAR


Sesuai penjelasan UU RI Nomor 13 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Indonesia, ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan oleh umat Islam yang memenuhi kriteria istitha’ah antara lain mampu secara materi,fisik dan mental. Bagi bangsa Indonesia, penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional karena disamping menyangkut kesejahteraan lahir-batin jamaah haji, juga menyangkut nama baik dan martabat bangsa Indonesia di luar negeri. Khususnya penyelenggaraan di Arab Saudi, mengingat pelaksanaannya yang bersifat massal dan berlangsung dalam jangka waktu yang terbatas maka penyelenggaraan ibadah haji memerlukan manajemen yang baik agar berlangsung tertib, aman dan lancar. Peningkatan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan terhadap jamaah haji diupayakan melalui penyempurnaan sistem dan manajemen penyelenggaraan ibadah haji. Penyempurnaan sistem dan manajemen tersebut dimaksudkan agar jamaah haji lebih siap dan mandiri dalam menunaikan ibadah haji sesuai dengan tuntunan agama, sehingga diperoleh predikat haji mabrur. Upaya peningkatan berbagai aspek pelayanan secara bertahap terus dilakukan.

 

LATAR BELAKANG
Keberhasilan upaya kesehatan ditentukan oleh SDM Kesehatan yang profesional. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menghasilkan dan meningkatkan SDM Kesehatan yang profesional adalah melalui pendidikan dan pelatihan (diklat). Diklat tersebut dapat dilaksanakan oleh berbagai institusi dilingkungan Kementerian Kesehatan.
Dalam kaitan Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Haji, berdasarkan Keputusan Menkes RI Nomor 442/MENKES/SK/VI/2009 tentang Pedoman Penyelenggaraan Kesehatan Haji Indonesia, maka peran Petugas Tenaga Kesehatan Haji (TKHI) Kelompok Terbang (Kloter) menjadi sangat penting dan turut menentukan kesuksesan Pelayanan Kesehatan Haji secara keseluruhan.
Secara umum tugas TKHI Kloter adalah memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kesehatan terhadap jamaah kelompok terbangnya serta tugas-tugas administrasi di asrama embarkasi, selama perjalanan, selama di Arab Saudi sampai di asrama debarkasi.
Agar petugas TKHI dapat menjalankan tugasnya seperti tersebut di atas serta mampu mengantisipasi permasalahan yang mungkin timbul selama bertugas, Pusdiklat Aparatur dalam merancang sebuah diklat melakukan pengkajian kebutuhan pelatihan,penggalian pengalaman para pakar profesional kesehatan dan pernah bertugas sebagai TKHI.
Proses pelatihan akan berpusat pada peningkatan wawasan terhadap pengetahuan,sikap, dan keterampilan baik individual maupun tim dalam memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kesehatan terhadap jamaah kelompok terbangnya serta tugas-tugas administrasi.

 

PERAN, FUNGSI, DAN KOMPETENSI
A. PERAN
Peserta pelatihan ini merupakan Tim Kesehatan Haji Indonesia yang dipersiapkan untuk menjadi pembina, pelayan dan pemberi perlindungan kesehatan terhadap jamaah haji yang didampingi di kloternya serta tugas-tugas administrasi di asrama embarkasi, selama perjalanan, selama di Arab Saudi sampai tiba kembali di asrama debarkasi.
B. FUNGSI
Keberadaan tenaga kesehatan di Kloter adalah menjalankan fungsi pengamanan (back-up) kesehatan jamaah haji dari dampak perjalanan ritual ibadah haji, semenjak dari Embarkasihingga Debarkasi.
Sepanjang perjalanan haji, diharapkan TKHI mampu: (a) mengelola segenap faktor risiko kesehatan yang dihadapi jamaah haji secara terpadu (integrated manage care), (b) menopang (support, antisipatif-preventif) kondisi kesehatan jamaah haji, dan (c) mengendalikan kejadian penyakit (terutama penyakit menular).

 

KOMPETENSI
Untuk menjalankan peran dan fungsinya di atas, maka petugas TKHI harus memiliki kompetensi di bawah ini.
1. Menerapkan Etika Pelayanan Kesehatan Haji.
2. Melakukan Pelayanan Medik dan Asuhan Keperawatan Jamaah Haji.
3. Mengendalikan Kejadian Penyakit di Kloter.
4. Menerapkan Komunikasi Efektif dalam Pelayanan Kesehatan Haji.
5. Mengembangkan Jejaring Kerja dalam Pelayanan Kesehatan.
Haji.
6. MelakukanPencatatan dan Pelaporan Manual dan Elektronik dalam Pelayanan Kesehatan Haji.

 

METODE PEMBELAJARAN
Metode Pelatihan ini berdasarkan pada prinsip:
1. Orientasi kepada peserta meliputi latar belakang, kebutuhan dan harapan yang terkait dengan tugas yang akan dilaksanakan setelah mengikuti pelatihan, memberikan kesempatan belajar sambil berbuat (learning by doing) dan belajar atas pengalaman (learning by experience).
2. Peran serta aktif peserta (active learner participatory) sesuai dengan pendekatan pembelajaran.
3. Pembinaan iklim yang demokratis dan dinamis untuk terciptanya komunikasi interaktif.
Oleh karena itu metode yang digunakan selama proses pembelajaran di antaranya adalah:
1. Ceramah singkat dan tanya jawab.
2. Curah pendapat, untuk penjajagan pengetahuan dan
pengalaman peserta terkait dengan materi yang akan diberikan.
3. Penugasan berupa: diskusi kelompok, latihan, studi
kasus,role play, dan simulasi.

Adapun tanggal pelaksanaan Pelatihan TKHI 2017 M / 1438 H Embarkasi Makassar (UPG) yaitu tanggal 15 s.d. 20 Mei 20 17 di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Makassar yang beralamat di Jln. Moha No. 59 Antang Makassar. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di Nomor Tlp Kantor (0411) 491985, 491986, 491987 atau CP St. Astuti Aziz (0811 427 449) juga Email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Untuk mendownload Surat Pemanggilan Peserta TKHI Klik disini

Untuk mendownload Daftar Nama-nama Peserta TKHI Angkatan I s.d. IV Klik disini

Untuk mendownload Contoh Surat Tugas Peserta TKHI Klik disini

 

Search :

Ruang Chating

Sambutan Ka. BBPK