:: SELAMAT DATANG DI BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN (BBPK) MAKASSAR :: PENYELENGGARA DIKLAT BIDANG KESEHATAN BERKUALITAS SEBAGAI RUJUKAN DI INDONESIA TIMUR :: PELATIHAN ASUHAN IBU HAMIL (ANC TERPADU) DAN KELUARGA SEHAT YANG MENJADI PROGRAM UNGGULAN BALAI BESAR PELATIHAN KESEHATAN DI TAHUN 2017 ::

Sarana dan Prasarana

Jumlah Kunjungan

00446610
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua Hari
426
1044
3324
415602
15965
33946
446610

Your IP: 54.81.196.35
2018-08-15 08:57

Pelatihan Manajemen Puskesmas Bekerjasama dengan BPPK Provinsi Maluku

Makassar, 09 Februari 2018

1 16Pelatihan Manajemen Puskesmas BPPK Provinsi Maluku ini dibuka pada tanggal 01 Februari 2018 bertepatan dengan hari Kamis oleh Kepala BBPK Makassar yang juga dihadiri oleh Kepala BPPK Provinsi Maluku, para pejabat struktural lainnya serta Widyaiswara maupun tim Fasilitator yang ada di BPPK Provinsi Maluku tepatnya di Aula BPPK Provinsi Maluku. Peserta pada kegiatan ini berjumlah 29 Orang dengan tanggal pelaksanaan 01 s.d 09 Februari 2018 yang dimana seluruh peserta pelatihan adalah berasal dari berbagai Puskesmas diwilayah kabupaten Provinsi Maluku. Pelatihan Manajemen Puskesmas bertujuan untuk :

 

1 2

Tujuan Pelatihan :

Setelah mengikuti pelatihan, peserta mampu melakukan manajemen dan pelayanan kesehatan dengan pendekatan keluarga di Puskesmas.

Untuk dapat mencapai tujuan tersebut ada 4 tujuan khusus yang harus dicapai yaitu anda dapat :

 

 

  1. Melakukan kepemimpinan dan kepemimpinan anti korupsi
  2. Melakukan manajemen umum puskesmas
  3. Melakukan manajemen upaya kesehatan masyarakat
  4. Melakukan manajemen pemberdayaan masyarakat
  5. Memahami manajemen mutu
  6. Melakukan manajemen data puskesmas dan keluarga sehat

 

 1 20Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat (UKM) dan upaya kesehatan perorangan (UKP) tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya.

Puskesmas mempunyai tugas melakukan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat.

Keberhasilan pelaksanaan tugas Puskesmas sangat tergantung kepada pengelolaan Puskesmas. Oleh sebab itu, maka Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 tahun 2014 mensyaratkan agar tenaga kesehatan yang akan menjabat sebagai Kepala Puskesmas harus sudah mengikuti pelatihan manajemen Puskesmas.

Sebagai pelaksana kebijakan pembangunan kesehatan dengan fokus pendekatan keluarga; Puskesmas harus dikelola dengan prinsip-prinsip manajemen yang baik sejalan dengan perubahan dan perkembangan konsep dari tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Pengelolaan Puskesmas yang baik, akan mampu meningkatkan mutu pelayanan dan pada akhirnya akan mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal di wilayah kerjanya.

Search :

Ruang Chating

Sambutan Ka. BBPK