Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar Menjadi Tuan Rumah ToF PRESTASI

Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar Menjadi Tuan Rumah ToF PRESTASI

Pada rentang waktu 19 hingga 21 September 2023, Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar menjadi tuan rumah bagi Training of Fasilitator (ToF) Pelatihan Refleksi dan Aktualisasi Integritas (PRESTASI). Peserta ToF kali ini berjumlah 30 orang,dibagi menjadi 2 angkatan. Peserta merupakan Widyaiswara atau Penyuluh Antikorupsi dari berbagai Kementerian dan Lembaga Pemerintah, termasuk Kementerian Kesehatan, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian PUPR, Kementerian ESDM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Paksi Sulawesi Selatan. Pelatihan ini memiliki tujuan mulia untuk melahirkan fasilitator-fasilitator unggul yang mampu menyebarkan dan mengamalkan nilai-nilai integritas di tengah-tengah masyarakat. ToF PRESTASI diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut di Balai Besar Pelatihan Kesehatan Makassar.

Pelatihan ini dibuka oleh Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat Komisi Pemberantasan Korupsi, Dr. Ir. Wawan Wardiana, serta Inspektur Jenderal Kementerian Kesehatan, drg. Murti Utami, MPH, QGIA, CGCAE. Kepala BBPK Makassar selaku tuan rumah dan Kepala UPT Vertikal Kemenkes di Makassar juga turut mendukung acara ini, meneguhkan komitmen bersama untuk meningkatkan integritas dan kompetensi penyuluh antikorupsi dalam bidang kesehatan serta berkontribusi dalam upaya memberantas korupsi.

Peningkatan Integritas dalam Aparatur Sipil Negara (ASN)

Di tahun ini, program PRESTASI digelar untuk menciptakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang lebih baik. Duta PRESTASI yang dihasilkan diharapkan bukan hanya menjaga integritas pribadi, melainkan juga memiliki kapabilitas dalam membangun ekosistem atau lingkungan yang berintegritas. Para Duta PRESTASI memegang peran kunci dalam membawa perubahan positif serta menularkan nilai-nilai integritas untuk mengurangi praktik-praktik korupsi di lembaga atau kementerian tempat mereka bertugas.

Fasilitator yang akan dihasilkan melalui ToF memiliki peran krusial dalam mencapai target yang telah ditetapkan oleh program PRESTASI. Mereka diharapkan dapat menciptakan fasilitator yang berkompeten baik dari segi substansi maupun dalam hal fasilitasi. Lebih dari itu, peran fasilitator juga memiliki dampak besar dalam menjadi sumber inspirasi dan teladan bagi para calon Duta PRESTASI.

Materi Pelatihan yang Komprehensif

Dalam rangkaian ToF ini, para peserta akan diberikan pelatihan yang komprehensif, meliputi aspek-aspek penting seperti internalisasi integritas, dilema integritas, pemahaman delik tindak pidana korupsi, menghadapi godaan integritas, penilaian risiko korupsi, strategi aktualisasi dan penyebaran nilai-nilai integritas, serta pengembangan keterampilan dalam fasilitasi.

Leave a Reply

Mulai chat
1
Hai Sahabat BBPK Makassar.
Ada yang bisa kami bantu?