PENYELENGGARAAN LATSAR CPNS DI KEMENTERIAN KESEHATAN RI Batch II (Gol. III Angkatan III & Gol. II Ak.I)

PENYELENGGARAAN LATSAR CPNS DI KEMENTERIAN KESEHATAN RI Batch II (Gol. III Angkatan III & Gol. II Ak.I)

Oleh : Agussalim PTP BBPK Makassar

Makassar, 1 Agustus Juli 2021

Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) adalah pendidikan dan pelatihan dalam Masa Prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang. Pelatihan Dasar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi. Kompetensi diukur berdasarkan kemampuan menunjukkan sikap perilaku bela negara; mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya; mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan menunjukkan penguasaan Kompetensi Teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas. Sementara terintegrasi berarti penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS memadukan antara pelatihan klasikal dengan nonklasikal; dan Kompetensi Sosial Kultural dengan Kompetensi Bidang. (Sumber: Peraturan LAN No. 1 Tahun 2021)

PROSES PEMBERIAN MATERI AGENDA

Materi Agenda – 1

Penyampaian Materi Agenda-2

Penyampaian Materi Agenda – 3

Seminar Rancangan Aktualisasi

Penyampaian Materi Kebijakan Penyelenggaraan Latsar Oleh Ibu Natasya dari Puslat SDM Kemenkes RI

Penyampaian Materi MTSL oleh dr Ika dari Biro Hukum dan Organisasi Kementerian Kesehatan RI

Penyampaian Materi Api Semangat Bela Negara oleh RINDAM XIV Hasanuddin

Penyampaian Materi Etika dan Integritas ASN oleh Bapak Kepala Puslatbang KMP LAN Makassar

Penyampaian Materi Overview Kebijakan Latsar

Penutupan Oleh Ibu Plt Kepala BBPK Makassar yang mewakili Kapuslat SDM Kesehatan

  • Pelaksanaan Alhamdulillah Pelatihan Dasar CPNS. Gol. III Angkatan III & Gol. II Angk. I Kemenkes Tahun 2021 telah berlangsung sesuai rencana yaitu dari tanggal 19 April S.D. 13 Agustus 2021.
  • Peserta Latsar CPNS Gol. III Angkatan III & Gol. II Angk. I Kemenkes Tahun 2021 mulai dari pembukaan sampai pada penutupan ini berjumlah 79 orang yang semuanya dalam keadaan sehat wal’afiat.
  • Proses Pembelajaran Secara keseluruhan Materi Pelatihan Dasar CPNS. Gol. III Angkatan III & Gol. II Angk. I Kemenkes Tahun 2021 dapat terealisasi dengan Pembelajaran yang dilaksanakan secara Blended Learning dengan metode Distance Learning (Pembelajaran Jarak Jauh).
  • Pelatihan Dasar ini sebagai salah satu syarat CPNS diangkat sebagai ASN dapat digunakan sebagai ajang pembentukan karakter dan diharapkan dengan selesainya mengikuti pelaksanaan Pelatihan Dasar CPNS pola baru, akan terbentuk karakter yang baik pada setiap pegawai ASN dalam melakukan pelayanan publik sesuai dengan harapan masyarakat Indonesia.
  • Evaluasi Penyelenggaraan a. Evaluasi Penyelenggaraan Pada umumnya peserta menyatakan Sangat Memuaskan dan memuaskan pada evaluasi penyelenggaraan, Fasilitator, Pengendali Pelatihan dan Panitia dirasakan banyak membantu dalam kelancaran pelaksanaan proses belajar mengajar selama pelatihan berlangsung. b.
  • Dasar Penyelenggaraan Penyelenggaraan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III & Golongan II ini berdasar pada : Surat tugas Plt. Kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Makassar Nomor : DL.02.02/1/0858/2021 dan Nomor : DL.02.02/1/0862 tanggal 10 Februari 2021 tentang Panitia penyelenggara Pelatihan Dasar CPNS Gol. III Angkatan III & Gol. II Angkatan II Kementerian Kesehatan RI Izin Prinsip Penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Kesehatan RI Nomor : DL.01.02/1/354/2021 tanggal 28 Januari 2021
  • Tujuan Pelatihan Dasar Calon PNS diselenggarakan untuk membentuk PNS profesional yang berkarakter yaitu PNS yang karakternya dibentuk oleh sikap perilaku bela negara, nilai- nilai dasar PNS, dan pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, serta menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat.
  • Kompetensi Kompetensi yang dibangun dalam Pelatihan Dasar Calon PNS Golongan III & Golongan II adalah kompetensi Pembentukan karakter PNS yang profesional sesuai bidang tugas.
  • Peserta Peserta Pelatihan Dasar Calon PNS. Gol. III Angkatan III & Gol. II Angkatan I Kemenkes RI masing-masing berjumlah 40 orang, yang berasal UPT Kemenkes di Wilayah Timur Indonesia.
  • Fasilitator / Narasumber
  1. Biro Kepegawaian Kemenkes RI
  2. Pejabat Struktural Puslat SDM Kesehatan R.I
  3. Pejabat Struktural dan Widyaiswara BBPK Makassar
  4. Widyaiswara BPPSDM Prov. Sulawesi Selatan
  5. Komandan Rindam XIV Hasanuddin Pakkato Kab. Gowa

Evaluasi dan Sertifikasi Peserta Untuk penjelasan yang terkait dengan Evaluasi dan Sertifikasi yang mengacu pada Peraturan Ka. LAN Pusat No.1 Tahun 2021 akan disampaikan pada materi overview kebijakan penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *