PENUTUPAN LATSAR CPNS DI KEMENTERIAN KESEHATAN RI Batch III (Gol. III Angkatan 4 & Gol. II Angkatan II)

PENUTUPAN LATSAR CPNS DI KEMENTERIAN KESEHATAN RI Batch III (Gol. III Angkatan 4 & Gol. II Angkatan II)

Oleh : Agussalim

PTP BBPK Makassar

Makassar, 9 September 2021

Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) adalah pendidikan dan pelatihan dalam Masa Prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang. Pelatihan Dasar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi. Kompetensi diukur berdasarkan kemampuan menunjukkan sikap perilaku bela negara; mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya; mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia; dan menunjukkan penguasaan Kompetensi Teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas. Sementara terintegrasi berarti penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS memadukan antara pelatihan klasikal dengan nonklasikal; dan Kompetensi Sosial Kultural dengan Kompetensi Bidang. (Sumber: Peraturan LAN No. 1 Tahun 2021)

Pada hari ini, tgl 9 September 2021 penyelenggaraan Latsar CPNS Kementerian Kesehatan Batch-3 (Gol. III Ak. 4 dan Gol. II Ak.2) telah berakhir dan ditutup oleh Ibu Kepala Puslat SDM Kesehatan dalam hal ini diwakili oleh Bapak Mappeasse Toro, SKM,M.Pd.

Dalam paparannya beliau mengingatkan bahwa Saudara sudah dibekali ilmu dalam rangka peningkatan kompetensi yang diindikasikan dari sikap dan perilaku serta kompetensi dengan nilai-nilai ANEKA serta Kedudukan dan Peran ASN yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada bangsa dan negara, bermoral dan profesional, sadar akan tanggung jawabnya sebagai pelaksana Kebijakan Publik, Pelayanan Publik serta Pemersatu Perekat NKRI. Keberhasilan yang saudara capai pada diklat ini merupakan keberhasilan pembelajaran selama di BBPK Makassar Namun, keberhasilan yang sesungguhnya adalah ditempat kerja saudara serta lingkungan masyarakat dan yang paling menentukan keberhasilan di tempat kerja adalah saudara sendiri, ilmu yang anda dapatkan di BBPK Makassar kiranya dapat dipahami, dan paling penting diamalkan, diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari serta dalam lingkungan kita sehingga saudara sebagai pelayan masyarakat dapat memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat, Bangsa dan Negara.

Adapun hasil evaluasi terhadap pelaksanaan latsar CPNS Batch-3 ini adalah sebagai berikut :

Evaluasi Penyelenggaraan Dari item pertanyaan dalam evaluasi penyelenggaraan khususnya terkaiit kinerja Panitia Penyelenggara, pada umunya peserta menyatakan sangat Memuaskan 75,20% dan memuaskan 20,80% Untuk evaluasi Fasilitator/ Pengampu Rata-rata peserta memberi penilaian sangat baik 83% dan 17% baik dan kurang tidak ada. Untuk komentar peserta : 1. Walaupun tdk dilaksanakan secara langsung tapi selalu memfasilitasi dg baik 2. Sebaiknya ada jeda antara materi yg 1 dengan yg lainnya, misalnya 5 menit untuk sekedar peregangan karena kadang materi terus berlanjut jadi kadang leher suka tegang bapak/ibu 3. Semoga kita semua slalu kompak meskipun pertemuannya tdk secara langsung.. 4. Terimakasih telah memfasilitasi kami dalam pelatihan latsar kali ini. Semoga dapat meningkatkan lagi dalam kualitas pelatihan daring 5. Terima kasih kepada BBPK Makassar, kami peserta sangat puas dengan materi dan metode dalam pemberian materi.. 6. Semoga kedepannya bisa tatap muka dan lebih baik lagi

Dokumentasi Penutupan Latsar Batch-3 (Gol. III Ak. 4 dan Gol. II Ak.2) Tahun 2021

Sebelum penutupan diawali dengan Materi Review Kebijakan Penyelenggaraan Latsar CPNS Tahun 2021 Oleh Bapak Sub Koordinator Pelatihan Manajemen Bapak Agussalim, S.Kom,M.Si

Review Kebiajakan Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2021

Penutupan Oleh Kepala Bagian Tata Usaha Bapak Mappeasse Toro, SKM,M.Pd

Laporan oleh Ibu Koordinator Pelatihan Manajemen dan TNK Ibu Dra. Lenny Suaib

Peserta dengan 5 Peringkat teratas Gol. III Ak-4

Peserta dengan 5 Peringkat teratas Gol. II Ak-2

Penyampaian pesan dan kesan oleh peserta Latsar CPNS

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *