Pelatihan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Leher Rahim Angkatan I, II, dan III

Pelatihan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Leher Rahim Angkatan I, II, dan III

Makassar, 11 Maret 2024 – Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Makassar telah menyelenggarakan Pelatihan Deteksi Dini Kanker Payudara dan Leher Rahim Angkatan I yang diikuti oleh 30 peserta dari Puskesmas, Rumah Sakit, dan Dinas Kesehatan di Papua, Maluku Utara, Gorontalo, dan Sulawesi Selatan. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan dalam melakukan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara, sehingga cakupan deteksi dini dapat meningkat dan target cakupan nasional dapat tercapai.

Pelatihan Angkatan II diikuti oleh 29 peserta dari Puskesmas dan Dinas Kesehatan di Papua Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan. Pelatihan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker dengan harapan dapat menurunkan angka kejadian dan mortalitas kanker di wilayah-wilayah tersebut.

Angkatan III pelatihan ini telah berlangsung dengan metode blended learning, terdiri dari sesi MOOC pada 19-24 Februari, sesi daring pada 26 Februari-1 Maret 2024, dan sesi klasikal pada 4-7 Maret 2024. Peserta yang berasal dari Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Gorontalo, Pangkep, dan Pinrang mengikuti pelatihan ini. Lokasi praktek lapangan dilakukan di Puskesmas Moncongloe, Lau, dan Tanralili. Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan deteksi dini kanker payudara dan leher rahim serta meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya deteksi dini.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *